SMPN 4 Muara Badak Adakan Workshop Pemanfaatan TIK dan Penyusunan Soal Hots

Menindak lanjuti Rapor Pendidikan yang berada di level kuning untuk numerasi dan hijau untuk literasi, SMP Negeri 4 Muara Badak bertekad ingin meningkatkan prestasi siswa yang nantinya terekam di rapor pendidikan sehingga minimal menjadi level hijau, syukur kalau bisa mencapai level biru. Hal tersebut diungkapkan Kepala SMP Negeri 4 Muara Badak, Imam Husaini, M. Pd pada pembukaan kegiatan WORKSHOP Pemanfaatan Teknologi Digital dan Penilaian Pembelajaran Berbasis Asessment Berbasis AKM yang dilaksanakan tanggal 1-3 September 2022.

Para guru dan staf menjadi peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 selama tiga hari ditambah mengerjakan tugas mandiri menyusun soal berbasis AKM untuk kegiatan PTS dan PAS semester ganjil ini. Kegiatan hari pertama dan kedua fokus pada paparan dan pembuatan soal HOTS dengan bentuk soal berbasis AKM (PG, PGK, menjodohkan, B-S, Setuju atau tidak setuju dengan argumentasi, isian singkat, dan uraian) Pada hari kedua peserta mendalami aplikasi ZA ZBT dan mengoperasionalkan soal yang telah disusun ke dalam aplikasi hingga dapat digunakan untuk kegiatan penilaian.

Nara sumber berasal dari tim Kukar Pintar menyampaikan materi secara singkat dilanjutkan praktik penyusunan soal secara diskusi dengan sesama guru dalam satu rumpun mata pelajaran. Kegiatan presentasi dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait pemahaman peserta dalam pembuatan soal sesuai kompetensi yang dinilai, kaidah penulisan soal, maupun teknik pengetikan soal, sampai proses upload soal ke aplikasi yang disediakan.